Pengertian TCP/IP Pada Jaringan Komputer

Pengertian TCP/IP Pada Jaringan Komputer - Pada jaringa komputer terdapat protokol protokol yang mengatur berjalan sebuah kerjanya jaringan komputer. Salah satunya adalah TCP/IP, protokol ini menjadi protokol yang sangat penting dalam sebuah jaringan komputer, karena tanpa adanya protokol ini, sebuah jaringan tidak akan terbentuk.

Pengertian TCP/IP Pada Jaringan Komputer
TCP/IP
TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol, yaitu adalah standar komunikasi data yang digunakan untuk berkomunikasi agar sebuah device data bertukar data yang akan memastikan bahwa data tersebut terkirim secara utuh. TCP/IP ini adalah gabungan dari TCP ( Transmission Control Protocol ) dengan IP ( Internet Protocol ). Protokol ini adalah kumpulan protokol atau biasa disebut Suite Protokol.

Protokol ini menggunakan pengalamatan yang sederhana yang biasa disebut sebagai alamat IP atau IP Address yang membuat banyak komputer untuk dapat saling terhubung satu sama lain di Internet. Protokol ini bersifat Routable yang berarti memungkinkan beberapa operasi yang berbeda dapat menjadi satu jaringan, seperti Windows dengan UNIX yang dapat dihubungkan menjadi satu jaringan.

TCP/IP ini tidak berbasis 7 Lapis OSI Layer, tetapi menggunakan model refrensi DARPA.


Layanan Yang Dapat Berjalan diatas protokol TCP/IP



  • FTP ( File Transfer Protocol ), yaitu adalah protocol yang memungkinkan untuk mengirimkan atau mengambil sebuah data atau file dari sumber tertentu ke sebuah host dalam satu jaringan dengan menggunakan autentikasi menggunakan username dan password.
  • Telnet, yaitu adalah protocol yang memungkinkan untuk login ke dalam sebuah komputer menggunakan komputer lain yang biasa disebut remote. Dengan protokol ini, kita bisa mengendalikan komputer yang jauh dari tempat kita dengan hanya mengetahui IP Address, dan username yang dimiliki komputer yang akan diremote.
  • E-Mail, yaitu untuk menerapkan sistem surat elektronik.
  • Network File System, yaitu adalah sebuah protokol yang memungkinkan membuat sebuah berkas yang berada didalam komputer lain atau biasanya server, ada didalam komputer milik kita sendiri layaknya file lokal.
  • Name Server, yaitu adalah sebuah protokol yang memungkinkan sebuah angka angka IP Address dikenal menjadi sebuah domain atau sebuah nama yang akan lebih mudah diingat oleh manusia.

Click to comment