Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Sebuah Switch

Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Sebuah Switch - Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Sebuah Switch sesuai dengan pengetahuan saya. Sebagaimana kita tahu, switch ini adalah sebuah benda atau hardware yang berfungsi untuk membuat jaringan lokal dengan 1 IP Network, sehingga device lain bisa berkomunikasi dengan yang lainnya.

Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Sebuah Switch
Switch
Sebuah switch dapat membuat sebuah koneksi atau sebuah komunikasi antar device dengan menggunakan transmisi kabel UTP atau kabel STP, kabel UTP dan STP ini adalah sebuah transmisi yang memiliki 8 warna yang berbeda dan memiliki urutan urutan yang berbeda, untuk lebih detail tentang kabel UTP dan STP, silahkan baca Pengertian dan Fungsi Kabel UTP dan STP.


Pengertian


Switch adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya, tapi apakah hanya komputer yang bisa dijadikan 1 jaringan? Tentu tidak, switch ini bisa membuat sebuah jaringan dengan berbagai macam device yang terhubung, sehingga semua device yang sudah terhubung dengan switch tersebut bisa saling berkomunikasi. Semua device akan bisa saling berkomunikasi jika semua device tersebut sudah terhubung dengan switch dengan menggunakan transmisi kabel UTP atau STP.

Pengertian dan Fungsi Kabel UTP dan STP

Fungsi


Seperti yang sudah kalian baca diatas, switch ini berfungsi sebagai penghubung antara device untuk saling berkomunikasi. Mungkin dari kalian ada yang bertanya,
"Kalau fungsinya untuk menghubungkan semua device, berarti sama aja dong seperti hub?"
Jika ada yang bertanya seperti itu, jawaban saya "YA". Kedua device ini memiliki fungsi yang sama, tetapi ada perbedaan dari kedua device tersebut, kedua device tersebut akan saya bahas perbedaanya di artikel mendatang.

Cara Kerja


Cara kerja sebuah switch adalah dengan menerima dan menganalisa sebuah semua packet yang akan dikirim dari sebuah komputer asal, ke komputer tujuan. Switch akan menganalisa semua packet yang akan melewatinya, apa yang dianalisa? yang dianalisa adalah kelengkapan sebuah packet tersebut, maksudnya jika sebuah packet berbentuk binery 11010101 dan saat dianalisa switch ada satu angka yang hilang, makan paket tersebut akan dikembalikan ke asalnya dan meminta dikirimkan lagi packet nya yang masih utuh.

Switch akan memberikan bandwith penuh kesetiap portnya, dan untuk switch pada saat ini sudah memiliki transmisi Full Duplex. Sehingga sebuah komputer bisa menerima data sekaligus mengirim data.

Pengertian Simplex, Half Duplex, dan Full Duplex

Switch ini secara umum bermain di Layer 2. yaitu hanya mengecek MAC Address dari semua device, jadi sebuah switch menjadi penghubung semua device sehingga menjadi satu jaringan dan dapat berkomunikasi satu sama lain bukan dilihat dari IP Addressnya, tapi dari MAC Address dari device tersebut yang terhubung ke switch.

Tapi ada switch yang bekerja dengan cara mengecek IP Addressnya, yaitu adalah Switch Layer 3 atau Multi-Layer Switch. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel Perbedaan Switch Layer 2 dan Multi Layer Switch

Nah itu tadi adalah artikel tentang Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Sebuah Switch sesuai dengan sepengetahuan saya, jika ada kesalahan tentang pemahaman saya, silahkan koreksi atau jika ada pertanyaan, silahkan ajukan saja dikolom komentar, Terima Kasih

Click to comment