Apa itu SSD? Apa Bedanya Dengan Harddisk?

Apa itu SSD? Apa Bedanya Dengan Harddisk? - Mungkin bagi kalian harddisk atau biasa di singkat HDD sudah menjadi standart komponen untuk merakit sebuah laptop atau pc, dengan fungsinya sebagai untuk menyimpan data yang bersifat permanen.

Apa itu SSD? Apa Bedanya Dengan Harddisk?

Tapi, tahukah kalian ada sebuah komponen yang mempunya fungsi yang sama seperti harddisk, tetapi dia berbeda dengan harddisk? Yaitu adalah SSD. SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, yang berperan seperti harddisk, yaitu untuk menyimpan data secara permanen, tapi ssd ini memiliki perbedaan harddisk sehingga ssd menjadi pilihan yang sangat bagus untuk menjadi komponen penyimpanan data kita.


Bedanya Harddisk dan SSD

1. Harga 

Dalam harga, kedua benda tersebut (HDD dan SSD) memiliki harga yang jauh berbeda, bisa jadi 2 sampai 3 kali lipat harganya. SSD memiliki harga lebih mahal dari pada HDD karena SSD dihargai dengan per-GB kapasitas dari SSD tersebut. Jadi ini adalah suatu kelemahan untuk memilih SSD karena harganya yang sangat tinggi.


2. Performa

SSD memiliki performa jauh lebih cepat dari pada HDD. SSD itu memiliki performa kecepatan membaca data 8 kali lebih cepat dari pada HDD. Ini bisa menjadi peningkat performa bagi kalian yang suka bermain game, karena data data untuk game terbaca juga lebih cepat. Nah karena performa kecepatan baca yang cepat ini, membuat PC atau Laptop kita mengalami booting yang jauh lebih cepat dari pada PC atau Laptop yang menggunakan Harddisk.

Perbedaanya kali ini menjadi salah satu kelebihan SSD yang mengharuskan kalian lebih memilih SSD dari pada HDD.


3. Cara Kerja 

Walaupun memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penyimpanan permanen untuk PC. Tapi bedanya SSD dengan HDD tidak hanya pada harga dan performa saja, tetapi cara kerja kedua benda ini juga berbeda.

Harddisk tersusun menjadi 2 komponen, yaitu mekanik dan elektronik. Bagian mekanik paling atas harddisk adalah piringan, ya bentuknya seperti piring, jika harddisk terhubung dengan pc atau komputer, maka akan berputar, nah saat piringan tersebut berputar dan ujung lengan terhubung dengan piringan, pada saat tersebutlah proses pembacaan data dilakukan.

Tapi berbeda dengan cara kerja SSD, pada SSD hanya terdapat IC atau kepanjangannya adalah Intergrated Circuit dan komponen elektronik. Semua pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti Flashdisk dan RAM, ini bisa menjadi faktor kenapa SSD membaca data lebih cepat dari HDD.

4. Efek Samping

HDD menerapkan unsur mekanik, sehingga bisa menimbulkan efek samping yang buruk seperti ;

  1. Panas yang berlebihan
  2. Pemakaian listrik yang lebih besar
  3. Putaran piringan yang menimbulkan suara noise
Tetapi, karena SSD tidak ada unsur mekaniknya, maka efek sampingnya hanya adalah ;
  1. Panasnya tidak setingga HDD
  2. Pemakaian listrik jauh lebih kecil dari pada HDD
  3. Tidak mengeluarkan suara noise

Mana yang kamu pilih?

Apakah HDD? atau SSD? Saya merekomendasikan untuk memakai SSD karena dia memiliki banyak kelebihan dari pada HDD, ya walaupun harga juga jauh sekali dari HDD. Tapi pilihan tersebut itu tergantung kebutuhan kalian. Silahkan komen, manakah yang menurut kalian lebih baik, HDD atau SSD?

6 komentar

avatar

Pengen sih beli ssd, tapi harganya belum merakyat hehe

avatar

Harga sama performa nya wajar laahh 😁😁

avatar

Oalah ini to bedanya SSD dan HDD , terimakasih mas infonya

avatar

Wah pantes web host sekarang jualannya SSD ternyata lebih baik performanya dibanding HDD.

Makasih infonya mas. Asli saya baru ngeh

avatar

Great blog, I?m going to spend more time reading about this subject How to Fix: You Need to Format the Disk before You Can Use It

Click to comment