Macam Macam Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Macam Macam Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot - Memang kata 'lemot' sangat paling dibenci pada saat kita memakai gadget apapun, baik itu Smartphone, Laptop, PC, dll. Karena kendala lemot tersebut jadi ada beberapa kegiatan kita yang terhambat, misalnya tugas yang sudah deadline, ataupun yang lainnya.

Macam Macam Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Tapi apakah kalian tahu apa saja yang bisa menyebabkan laptop kalian menjadi lemot? Ternyata yang bisa membuat laptop kalian lemot itu bisa dari internal ataupun eksternal, maksudnya internal adalah laptop itu menjadi lemot karena kesalahan kalian sendiri. Tenang saja, disini saya akan membahas apa beberapa penyebabnya sekaligus cara mengatasinya agar laptop kalian kembali mendapatkan performa yang maksimal, sehingga kita tetap tenang saat bermain laptop.


Macam Macam Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Sudah Terlalu Menyimpan Cache Yang Besar

Penyebab pertama menurut saya yang bisa membuat laptop lemot adalah dengan ada nya cache yang besar. Lalu apa itu cache? Cache adalah data data yang diambil secara otomatis oleh laptop saat kita sedang mengakses internet, dan data data tersebut akan tersimpan di folder temp, nah lama kelamaan dan seiring waktu kita mengakses internet tanpa kita sadari folder temp tersebut sudah membengkak, dan bisa jadi itu menjadi penyebab laptop menjadi lemot dan tidak nyaman untuk digunakan.

Cara yang sangat mudah untuk mengatasi masalah ini adalah, menggunakan aplikasi Ccleaner, dalam aplikasi ini kalian bisa menganalisa saja data data yang sudah membengkak sehingga kalian bisa menghapus data data yang tidak penting tersebut. Kalian bisa mendownload aplikasi Ccleaner dengan mencarinya di google, atau untuk mempersingkat waktu kalian bisa klik link yang menuju ke web resminya ini, dan kalian tinggal klik download.

( Tanpa Iklan ) Link Menuju Website Resmi

2. Karena Spesifikasi Tidak Sebanding Dengan Yang Dibutuhkan

Apa maksudnya ini? Maksudnya adalah misalkan kita membeli laptop dengan tujuan untuk bermain game, atau untuk editing video, nah kita harus mencari spesifikasi yang kuat untuk mengangkat atau menjalankan aplikasi aplikasi tersebut sehingga, laptop tidak akan lemot.

Misalkan tujuan kalian membeli laptop adalah untuk editing, tetapi yang terbeli adalah laptop dengan spesifikasi ram 2gb, vga bawaan processor, dan masih anda paksakan untuk mengedit video atau photo dengan laptop tersebut, maka kemungkinan besar, laptop tersebut akan lemot, karena tidak kuat untuk menjalankan aplikasi aplikasi tersebut.

Jadi, pilihlah laptop sesuai dengan kebutuhan kita, untuk game? baca terlebih dahulu tentang artikel untuk game, begitupun untuk editing, sehingga kita tidak salah untuk memilih laptop.

3. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall bisa jadi pemicu laptop menjadi lemot, mengapa? Karena saat kita terlalu banyak menginstall aplikasi, maka ruang penyimpanan pada laptop kita akan menipis bahkan bisa jadi penuh, hingga tersisa 5-10GB saja. Nah, dengan penuhnya penyimpanan tersebut laptop bisa menjadi lemot, dan menjadi beban laptop.

Atau dengan banyak nya aplikasi yang terinstall, mungkin banyak aplikasi yang berjalan otomatis seperti driver untuk hardware kalian, ataupun aplikasi aplikasi lain yang membuat RAM penuh, sehingga tidak ada ruang lagi untuk menyimpan data data lagi, dan bisa jadi saat keadaan tersebut, laptop bisa mengalami 'hang' atau tidak bisa diapa apakan.

Cara mengatasinya adalah, bisa kalian uninstall aplikasi aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga penyimpana kalian menjadi luas dan tidak membebankan laptop kalian.

4. Terkena Virus

Penyebab yang satu ini sangat tidak diinginkan oleh pengguna gadget, karena virus itu sangat merugikan bagi kita sebagai pengguna gadget, karena selain membuat gadget kita lemot, virus tersebut bisa saja melakukan hal hal lain, seperti menghapus data data penting kita, merusak data kita, mencopy data kita sehingga penyimpanan penuh, dan hal hal lain yang sangat tidak diinginkan.

Cara mengatasi virus ini bisa kalian baca di Cara Mudah Pembersihan dan Pencegahan Virus Pada Windows OS. Di artikel tersebut sudah tertulis secara singkat jelas dan padat cara mengatasi virus yang membandel.

5. Komponen Laptop Yang Rusak

Faktor yang satu ini sudah pasti menjadi penyebab paling besar terjadinya lemot pada laptop, kenapa? Karena misalkan saja Harddisk kita sudah rusak, sehingga harddisk tersebut tidak memberikan performa yang maksimal, maka secara otomatis laptop kita akan lemot karena data data yang dibutuhkan beberapa aplikasi lama untuk dibuka. Tidak untuk harddisk saja, komponen lain seperti processor, ram, vga card, dan yang lainnya itu sudah sangat menjadi penyebab besar laptop menjadi lemot.

Cara mengatasinya adalah bisa kalian bawa ketempat service resmi sesuai merk laptop kalian, kenapa saya anjurkan ke tempat yang resmi? Karena ditempat yang resmi itu sudah terjamin kualitas dan kepercayaannya, karena jika ketempat yang abal abal bisa jadi komponen dari laptop kita yang masih bagus itu dituker dengan yang abal abal sehingga orang tersebut mendapat keuntungan yang sangat lebih, bisa jadi dijual kembali ataupun dipakai dia.

Mana menurut kalian faktor yang membuat laptop kalian lemot?
Apakah kalian menemukan jawabannya? Silahkan komen jika ada pertanyaan menyangkut dengan artikel ini.

2 komentar

avatar

Wah menarik sekali mas. Soalnya laptop ku juga lelet banget lah. Ntah krena virus atau aplikasinya berat

avatar

Antara 2 faktor itu sih memang yang sering menjadi penyebabnya laptop lemot

Click to comment