Kegunaan Kabel Tester Atau LAN Tester Secara Rinci

Kegunaan Kabel Tester atau LAN Tester Secara Rinci - Kali ini saya akan membahas tentang salah satu tools yang membantu untuk membangun sebuah jaringan, yang besar maupun jaringan yang kecil atau LAN.

Foto LAN / Cable Tester
Contoh LAN/Cable Tester
Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu fungsi dari LAN/Cable tester? Cable tester ini berfungsi untuk mengecek kabel tetapi secara spesifik lan tester ini berguna untuk mengecek kabel UTP ataupun STP.

Baca Juga
Pengertian dan Fungsi Kabel UTP dan STP

Apa yang diperiksa dari kabel UTP dan STP tersebut? Yang diperiksa adalah

  1. Koneksi
  2. Pengurutan Warna
Faktor faktor yang harus diperiksa saat kita sudah selesai mengurutkan warna pada kabel UTP dan STP lalu sudah kita press di RJ-45 nya, kita harus mengecek seperti yang sudah di sebutkan diatas, kenapa?

  • Jika tidak ada koneksifitas pasti ada salah satu atau bisa jadi beberapa lampu tidak menyala, jika ada beberapa lampu yang tidak menyala bisa jadi kabel yang sudah kita masukan di RJ-45 tersebut kurang masuk atau di maksimal masuk kedalamnya, sehingga tembaga pada kabel tidak menyentuh RJ-45 tersebut, sehingga kabel tersebut tidak berfungsi secara maksimal.
  • Jika warna yang diurutkan tidak benar, tentu fungsi dari masing masing kabel tidak berjalan secara maksimal, untuk urutan warna warnanya bisa kalian lihat di artikel Pengertian dan Fungsi Kabel UTP dan STP, dari artikel tersebut bisa kalian lihat secara teliti urutan urutan warna nya ada yang berurutan Straight-Over, dan ada juga Cross-Over.
Untuk menguji kabel yang sudah kita susun menjadi Straight-Over maka lampu yang menyala akan tersusun dari angka 1 - 8 secara teratur kedua sisinya, tapi berbeda lagi jika kalian membuat urutan Cross-Over, jika kalian membuat Cross-Over maka urutan lampunya ada yang terurut dari angka 1 - 8 dan ada juga yang tidak teratur.

Nah, secara lebih rinci jika kalian melihat pada foto ada tulisan Off, On, dan S

Foto Bagian Off On dan S
Kegunaan Off On dan S
Nah, mungkin ada beberapa orang yang sudah mengenal benda ini, tapi tidak tahu apa maksud dari Off, On, dan S. 
  • Off, sudah pasti kalian tahu tentang off ini, ya jika kalian mengarahkan switch nya ke tulisan Off, maka kondisi LAN/Cable testernya akan mati secara total
  • On, Istilah ini juga sudah pasti kalian tahu, tentu jika kalian mengarahkan switchnya ke tulisan on, makan kondisi LAN/Cable testernya akan menyala
  • S, nah mungkin banyak yang tidak tahu apa maksud dari huruf 'S' ini. S ini adalah singkatan dari kata bahasa inggris yaitu 'slow', jadi jika kalian mengarahkan switch nya ke huruf 'S' ini, maka kondisi LAN/Cable testernya akan menyala tetapi berbeda dengan 'ON', jika kalian pada 'S' coba kalian test dengan memasukan kabelnya, maka lampu nya akan berganti secara perlahan, guna untuk kita lebih teliti memperhatikan lampu lampunya.


Nah, pada lubang untuk memasukan kabelnya kalian pasti melihat ada 2 bukan? Kanan dan Kiri, yang kecil dan yang besar, apa gunanya? Untuk yang kecil itu adalah untuk mengetes kabel yang memakai konektornya RJ-11 dan untuk yang besar adalah untuk mengetes kabel yang konektornya memakai RJ-45.

Baca Juga
Pengertian Lengkap RJ-45 dan RJ-11

Nah, itu tadi adalah Kegunaan Kabel Tester Atau LAN Tester Secara Rinci, menurut saya sudah semua saya sebutkan kegunaannya, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, pasti akan saya reply.

Click to comment