Pengertian Simplex, Half-Duplex dan Full-Duplex

Pengertian Simplex, Half-Duplex dan Full-Duplex - Dalam sebuah jaringan, pasti akan terjadinya komunikasi data. Komunikasi data ialah suatu aktivitas program komputer dalam suatu yang jaringan yang melakukan pertukaran data.



Dalam pertukaran data ini, terbagi menjadi 2 metode, yaitu adalah
  1. Simplex, adalah sebuah pertukaran data yang hanya mempunyai satu arah
  2. Duplex, yaitu sebuah pertukaran data yang mempunyai dua arah 
Pada era saat ini, teknologi sudah berkembang pesat, jadi sebagian besar alat komunikasi sudah memakai metode duplex.Metode duplex pun masih terbagi menjadi 2 lagi yaitu Half-Duplex, dan Full-Duplex. Meskipun begitu, ternyata masih ada yang memakai metode simplex mau tahu? Silahkan baca kelanjutannya :D

1. Simplex

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, simplex terjadi bila ada suatu komunikasi data atau pertukaran data yang hanya memiliki satu arah atau satu jalur. Jadi metode simplex ini hanya meiliki satu jalur, contohnya TV, Radio

Sudah pasti kalian pernah menonton TV ataupun mendengarkan Radio, pernahkah anda memperhatikan? TV dan Radio itu memakai metode Simplex, kenapa? Karena pada saat kita menonton TV dan mendengarkan radio kita hanya menontonnya dan hanya mendengarkannya bukan? Apakah ada TV dan radio yang bisa kita ajak berbicara yang membawakan acaranya tersebut? Tentu tidak ada :D

Jadi maksud metode simplex ini adalah, kita hanya bisa melakukan satu kegiatan, mengirim ya hanya mengirim tidak bisa menerima, begitupun sebaliknya.

2. Half-Duplex

Jika simplex hanya mempunyai satu jalur, maka berbeda dengan Half-Duplex, metode ini mempunyai dua jalur, saat menggunakan metode ini, sebuah jaringan bisa menerima data dan bisa mengirim data. Tapi, metode ini memang bisa mempunyai dua jalur, tetapi jalur tersebut harus dipakai bergantian, tidak bisa bersamaan, misanya jika ingin mengirim data, ya mengirim data, tidak bisa sambil menerima data pada saat yang bersamaan, begitupun sebaliknya. Contoh dari Half-Duplex adalah walkie-talkie, atau jika tidak tahu walkie talkie, itu tuh yang hp hp yang dipakai satpam atau polisi saat sedang bertugas.

Jika kalian melihat polisi ataupun satpam yang sedang menggunakan walkie talkie atau HT, pasti dia pernah berkata "ganti". Dan jika kalian pernah memegang HT ataupun walkie talkie maka kalian akan melihat tombol untuk berbicara, untuk apa semua itu? Kata "ganti"lah, tombol itulah. Jadi kegunaan kata "ganti" itu adalah sebuah kode untuk bergantian berbicara karena walkie talkie atau HT itu tidak bisa menerima suara sekaligus mengirim suara, karena walkie talkie ini menggunakan metode Half-Duplex.

Jadi maksud dari metode Half-Duplex ini ialah, sebuah aktifitas komunikasi yang bisa melakukan pengiriman data dan penerimaan data secara bergantian

3. Full-Duplex

Yang terakhir ini, bisa dibilang ini yang paling maju, karena metode ini juga mempunyai jalur seperti Half-Duplex, tetapi perbedaannya adalah Full-Duplex ini bisa mengirim data dan menerima data secara bersamaan. Jadi kita bisa menerima data sekaligus mengirim data dalam waktu yang bersamaan. Untuk contohnya itu ya yang sering kita pakai sehari hari, yaitu Handphone smartphone kita, ataupun Internet yang sekarang sedang kita pakai saat ini .

Kenapa handphone dan internet bisa dikategorikan memakai metode Full-Duplex? Karena kedua hal tersebut bisa melakukan pengiriman dan penerimaan data secara bersamaan. Handphone, pernahkah kalian menelpon seseorang? pasti kalian kalau ingin berbicara ya tinggal berbicara kan? tidak seperti menggunakan HT yang harus menggunakan code "ganti" agar si pendengar diam. Dan internet ini sudah pasti memakai metode Full-Duplex, misal kita menggunakan gmail, saat kita mengirim pesan. tiba tiba secara bersamaan ada email masuk juga.

Jadi yang dimaksud Full-Duplex ini yaitu, sebuah kegiatan komunikasi data yang bisa melakukan pengiriman data dan penerimaan data secara bersamaan dalam waktu yang sama.


Click to comment