Cara Mudah Pembersihan dan Pencegahan Virus Pada Windows OS

Cara Mudah Pembersihan dan Pencegahan Virus Pada Windows OS - Siapa yang tidak kesal dan risih saat dia tahu kalau ada virus pada laptop yang sedang dia pakai? Tentu semua orang yang gadgetnya terkena virus pasti merasakan perasaan yang sama.

Cara Mudah Pembersihan dan Pencegahan Virus Pada Windows OS


Virus menjadi satu hal yang paling diwaspadai oleh semua orang yang mempunyai gadget, karena jika gadget mereka terkena virus kemungkinan data data mereka akan bisa rusak ataupun hal terburuk itu adalah data akan hilang.

Pasti banyak orang yang bertanya tanya, kenapa ada virus di laptop saya? sejak kapan ada? gimana mencegahnya? gimana cara mengatasinya nih?, mungkin tadi itu adalah beberapa pertanyaan yang ada di benak orang orang yang gadgetnya terkena virus.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa trik untuk mengatasi gadget yang sudah terlanjur terkena virus, dan akan memberikan beberapa tips agar terhindar dari virus yang sudah menyebar.


Tips Mencegah Virus

  • Pada umumnya virus menyebar melalui internet, jadi kalian harus memperhatikan file file yang akan kalian download dari internet, biasanya di website website tidak resmi akan memasang iklan yang membuat kalian terkecoh dengan tombol "palsu" yang akan mengarahkan kalian untuk menuju website tertentu atau mendownload file yang lain, jadi kalian harus bisa membedakan mana tombol download yang asli dan palsu. Tapi kalau saran saya kalian lebih baik mendownload aplikasi dari website resmi dari aplikasi tersebut, karena sudah di jamin aman dari virus.
  • Biasanya juga virus menyebar dari teman teman kita, maksudnya bagaimana? Pasti kalian pernah meminta file ataupun mengirim file dari teman anda melalui flashdisk, ini adalah penyebab terbanyak yang orang alami, karena jika flashdisk tersebut memiliki virus pada salah satu file nya saja, jika flashdisk tersebut masuk ke dalam laptop ataupun pc kita, maka secara cepat dan secara otomatis virus itu akan masuk ke dalam file file tertentu yang ada pada laptop atau pc kita.
  • Siap sedia install aplikasi anti-virus terpercaya seperti Smadav antivirusAvast, ataupun aplikasi anti-virus lainnya yang sudah terpercaya. Buat apa aplikasi anti-virus ini? Ini berguna untuk mencegah virus virus masuk, misal ada flashdisk yang masuk ke laptop kita maka aplikasi ini akan secara otomatis menganalisis apakah terdapat file file mencurigakan di flashdisk tersebut, dan aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi file file mencurigakan yang ada pada laptop kita.
Nah, tadi itu adalah beberapa tips untuk mencegah virus masuk ke laptop kita, lalu bagaimana untuk laptop yang sudah terkena virus? Tenang, saya juga mempunyai beberapa trik yang patut dicoba bagi kalian yang laptopnya sudah terlanjur terkena virus.


Trik Membersihkan Virus

1. Menghapusnya menggunakan CMD

  • Buka Command Prompt (CMD) kalian dengan cara tekan tombol Win + R lalu ketikkan cmd
  • Setelah terbuka CMD nya, kita harus mencari dulu file mencurigakannya dulu, pertama saya akan mengecek pada partisi C:, maka ketikkan "C:" tanpa tanda kutip, lalu setelah itu ketikkan lagi "cd\" tanpa tanda kutip maka nanti tampilannya akan seperti ini ; 
Cara Mudah Pembersihan dan Pencegahan Virus Pada Windows OS
*Abaikan tampilannya, lihat tulisannya
  • Setelah itu ketikkan seperti ini attrib s h *.* /S /D di CMD kalian, lalu enter
  • Setelah enter, tunggu beberapa saat, lalu akan muncul semua file yang ada pada partisi C:
  • Silahkan perhatikan satu persatu file yang sekira nya mencurigakan
  • Kalau ada file yang mencurigakan, silahkan hapus di CMD atau secara manualnya di File Explorer
  • Jika kalian tidak bisa menghapus melalui CMD, kalian juga bisa menghapusnya dengan cara lain, silahkan buka Run atau tekan tombol Win + R lalu ketik regedit , setelah terbuka, tekan tombol CTRL + F, lalu ketikkan nama file yang mencurigakan tadi yang habis kita lihat di CMD, lalu klik kanan di file tersebut, klik delete.
2. Menghapusnya melalui aplikasi Anti-Virus

Cara ini sangat mudah, karena kita tidak perlu mencari carinya dahulu, karena aplikasi akan mencari nya secara otomatis jadi tidak terlalu susah ataupun berbelit belit seperti melalui CMD sebelumnya.

Caranya hanyalah kalian membuka Aplikasi Anti-Virus yang kalian punya, lalu klik Scan lalu silahkan tunggu sampai scanning selesai, setelah selesai klik Fix ataupun Bersihkan ataupun bahasa lain sesuai aplikasi yang kalian pakai.

Nah itulah beberapa tips dan trik dari saya, semoga berhasil ya, bila ada yang mau ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar, dan tolong tinggalkan jejak kalian juga di kolom komentar, dan silahkan share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat, terima kasih.

3 komentar

avatar

Wah bisa di coba itu

avatar

Iya mas, coba aja, gratis kok hehe...

avatar

Nice tips bro.. kunbal yah

Click to comment