Perangkat Keras Komputer Berserta Fungsinya Dalam Perakitan

Perangkat Keras Komputer Berserta Fungsinya Dalam Perakitan - Pasti kalian pernah memainkan komputer dong? Ya komputer atau pc (Personal Computer) yang biasanya ada pada warnet (Warung Internet) disekitaran komplek kita.

Perangkat Keras Komputer Berserta Fungsinya Dalam Perakitan
Kalau kita sudah sering bermain komputer, masa tidak tahu apa saja komponen yang ada didalam casing komputer?. Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu atau mungkin sudah hatam apa saja dan apa fungsinya dari masing masing komponen pada komputer.

Nah bagi kalian yang belum mengetahui komponen yang dibutuhkan untuk merakit komputer, kalian sangat tepat membaca artikel ini, berikut adalah komponen komponen untuk merakit komputer.


Komponen dan Fungsi




  • Motherboard
Motherboard
Motherboard ini adalah bagian terpenting dari sebuah pc atau komputer. Motherboard ini bisa dibilang ibu dari semua komponen yang ada, namanya juga "Mother"board :D. Jadi motherboard ini adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA). Motherboard ini berfungsi sebagai penghubung dari semua komponen yang tersambung dan menjadi sebuah pc yang berguna. Fungsi lain dari motherboard ini adalah sebagai pendistribusi atau menyebarkan aliran listrik yang didapatkan dari PowerSupply.

  • PowerSupply
PowerSupply
Powersupply atau singkatan yang biasa disebut adalah PSU, jadi kalian jangan bingung jika ada yang minta ambilkan PSU, sebenarnya PSU itu adalah PowerSupply. PowerSupply ini adalah sebuah sumber listrik sebuah komputer yang akan dialirkan ke motherboard lalu akan disebarkan aliran listrik tersebut oleh motherboard. Jika kalian melihat PSU, akan ada tulisan 250W, 400W, 450W, 500W, dan seterusnya, itu adalah spesifikasi dari si PSU tersebut. Jadi misalnya ada terdapat tulisan 500W, maka PSU tersebut akan mengambil aliran listrik sebesar 500W dari rumah atau kantor atau sekolah kita lalu aliran listrik yang sudah diambil tersebut akan diberikan ke motherboard, tetapi keseluruhan 500W akan diberikan ke motherboard, tetapi tergantung seberapa banyak motherboard membutuhkan aliran listrik untuk semua komponen yang terhubung padanya

  • Processor (Prosesor)
Processor
Prosesor ini adalah benda asli dari kata "CPU". Yang sering orang ketahui CPU adalah sebuah benda yang besar yang terdapat tombol untuk menyalakan sebuah pc, tapi semua itu salah, itu adalah casing, bukan CPU, jadi jangan tertukar ya. Komponen ini berperan sangat penting bagi sebuah komputer, bagaimana tidak? komponen ini bisa dibilang adalah sebuah otak dari komputer, jadi prosesor ini adalah sebuah komponen yang akan memproses data yang diterima dari masukkan atau input, yang kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD) dan Memori RAM

  • RAM ( Random Access Memory )
RAM
Random Access Memory, atau lebih dikenal orang orang adalah RAM. RAM mempunyai peran yang sangat penting untuk komputer, yaitu sebagai penyimpanan sementara. Maksudnya penyimpanan sementara adalah seperti kita sedang menjalankan sebuah game, didalam game tersebut pasti ada sebuah gerakan atau apapun itu yang mempunyai data, nah data itu tidak dimasukan ke dalam harddisk, melainkan ke dalam RAM. Lalu apakah jika kita tidak memasang RAM pada motherboard, sebuah komputer akan bisa menyala? Jawabannya adalah BISA. Kenapa? Karena RAM hanya berfungsi sebagai penyimpanan sementara, tetapi jika tidak ada ram, maka komputer tidak akan memiliki tampilan sama sekali, yang tampil hanya warna hitam pada monitor kita.

  • Harddisk
Harddisk
Harddisk ini tidak berperang penting untuk "menyalakan" sebuah komputer, tetapi berperan penting untuk "kegunaan" sebuah komputer. Karena Harddisk ini berguna sebagai penyimpanan data permanen atau jangka lama. Semua data data yang kita punya semuanya tersimpan didalam harddisk, termasuk instalasi OS Windows juga, semuanya tersimpan didalam Harddisk. Tahu kan jadinya perbedaanya antara Harddisk dan RAM, semua data yang tersimpan dalam RAM hanya bersifat sementara, dan yang tersimpan dalam Harddisk itu bersifat permanen. 

  • Battery CMOS
Battery CMOS
Mungkin beberapa dari kalian bingung apa itu battery CMOS, bahkan mungkin ada juga yang pernah membongkar komputer tapi tidak pernah melihat battery CMOS. Battery CMOS itu terdapat pada motherboard, biasaya battery CMOS itu sudah dipasang dari pabriknya langsung. Lalu apa gunanya benda ini? Battery CMOS ini berfunsi sebagai menyimpan waktu untuk PC dan sebagai penyimpanan settingan BIOS. Sebenarnya kalian bisa memakai komputer kalian tanpa CMOS, tetapi kalian akan memakainya dengan BIOS settingan default, tetapi tidak berpengaruh apa apa selain itu. 

  • Heatsink
Heatsink
Pasti kalau kalian pernah membongkar kompter kalian pernah melihat benda ini, karena benda ini berada tepat diatas prosesor. Fungsi dari heatsink ialah sebagai cooler atau pendingin untuk prosesor, karena prosesor itu cepat panas maka dia membutuhkan heatsink diatasnya untuk mendinginkan si prosesor tersebut. Sebenarnya ada trobosan baru untuk pengganti heatsink, yaitu adalah Water-Cooler, dia kegunaanya sama saja dengan heatsink, tetapi dia itu berbentuk air dan harga nya juga cukup mahal dan mempunyai resiko yaitu kalau tabung air nya itu pecah maka habis sudah komputer kita.

  • VGA Card
VGA Card
Benda yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi di kalangan gamers. Ya VGA Card, kegunaanya adalah untuk meningkatkan performa dan memperindah graphic atau tampilan dalam game. Atau bagi editor ini juga bisa berfunsi sebagai peningkatan kecepatan rendering. VGA Card ini sangat dibutuhkan jika kalian adalah seorang gamers ataupun design graphic, tapi jika kalian hanya memakai komputer sebagai saran mengetik, blogging, browsing, youtube-an dan lain lain tidak saya sarankan untuk memakai komponen ini, karena hal tersebut hanya akan membuang buang uang kalian saja.

  • Casing
Casing PC
Nahhh, yang terakhir adalah benda yang biasa kalian sebut "CPU" hehe..., ingat ya benda ini bukanlah CPU, CPU itu adalah prosesor, benda ini adalah sebuah casing komputer yang menutupi semua komponen komponen komputer, sehingga terjaga dan membuat pc menjadi lebih indah. Mungkin dari kalian ada yang bertanya, apakah bisa kita menyalakan komputer tanpa sebuah casing? Jawabannya adalah bisa, karena fungsi casing ini hanya untuk menutupi atau membungkus semua komponen komponen komputer yang ada, dan casing ini tidak berpengaruh dalam performa komputer

4 komentar

avatar

mantap gan nice info
main ke blog ane jg ya hehe #blogwalking

avatar

Bagus artikelnya mas

Click to comment