Jenis Virus Komputer Yang Sering Menyerang

Jenis Virus Komputer Yang Sering Menyerang - Siapa yang tidak kesal dengan adanya virus di komputer atau laptop? Tentu semua orang yang memakai laptop atau pc pasti merasa kesal atau risih saat seseorang tersebut mengetahui kalau gadget yang dia punya sudah terserang virus.

Jenis Virus Komputer Yang Sering Menyerang

Kadang walaupun kita sudah memasangkan aplikasi atau software antivirus, tetap saja virus masih bisa bersarang di gadget kita. Dan ternyata kita hanya terkena beberapa virus dari sekian banyak virus yang ada dalam dunia IT. Virus virus tersebut lebih berbahaya dari yang lainnya, mungkin ada beberapa dari kalian yang pernah kena virus berikut ini, apa sajakah virusnya? silahkan simak.


Jenis Virus Komputer


1. XFly

Virus ini memiliki ukurang 143.360 Byte tanpa di compress. Virus ini dikenali menjadi 2 di aplikasi antivirus, yaitu XFly.A dan XFly.B, virus ini dibuat menggunakan Visual Basic. Yang bahayanya virus ini mengecoh user dengan cara menyamar menjadi sebuah folder ataupun sebuah file MP3. Yang paling membuat risih adalah, pada jam 12:30, 16:00, atau 20:00, jika gadget dalam kedaan menyala, virus ini akan secara otomatis berjalan dan membuka pesan dari si pembuat virus tersebut.

2. Worms

Worms ini adalah sebuah komputer yang sangat mirip dengan virus, yang akan memberikan dampak negatif terhadap komputer jika sudah terserang atau terkena virus ini. Biasanya Worms ini mudah dideteksi oleh software antivirus. Virus jenis ini tidak bersifat menghapus atau merusak file kita, tetapi dia akan meniru nya .

3. Trojan

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengenal apa itu virus Trojan bukan? Virus Trojan ini sangat berbahaya, walaupun dia tidak bersifat menginfeksi file file kita, tetapi dia akan menyamar menjadi sebuah file yang menurut kita sangat berguna.

4. Explorea

Virus ini juga seperti XFly yang dibuat menggunakan Visual Basic, virus ini berukuran 167.936 Bytes. Virus ini berwujud menggunakan icon folder standar yang akan mudah mengelabui user, dan yang lebih bahayanya lagi, virus ini akan menyerang file Registry Windowsd dengan mengubah default open dari beberapa extensi seperti .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM.

5. Gen.FFE

Generator Fast Firus Engine, begitulah nama yang diberikan oleh si pembuatnya. Ini sebenarnya bukanlah sebuah virus, melainkan sebuah program yang dengan mudahnya membuat virus yang berbahaya. Virus yang dibuat dari program ini, hasilnya akan memiliki icon bergambar folder default, dan yang membuat ribet adalah virus itu akan memblock akses untuk membuka Task Manager, Command Prompt, dan menghilangkan beberapa menu di Startmenu.

6. Hampa 

Virus yang satu ini juga hampir sama dengn Explorea dan XFly, yaitu sesama dibuat menggunakan Visual Basic, tetapi tentu saja memiliki dampak yang berbeda. Virus ini memiliki ukuran 110.592 bytes tanpa di compress. Virus jenis ini sangat berbahaya untuk windows, dia membuat dampak perubahaan yang sangat banyak, dia akan menyerang fil Registry dan file file penting lainnya di Windows sehingga windows akan terasa tidak enak dipakai, bahkan bisa sampai windows tidak bisa dipakai sama sekali.

7. Macro Virus

Virus jenis ini akan menyerang aplikasi yang memakai file macro, yang ber-extensi seperti .doc, xls, pps, mdb, dll. Tentu biasanya file file yang ber-extensi tersebut biasanya adalah sebuah file file penting, biasanya adalah data keungan ataupun sebuah surat proposal, atau mungkin data data nilai murid bagi guru atau dosen.

8. Pray

Virus jenis ini dibuat menggunakan aplikasi yang sama dengan 3 virus sebelumnya, yaitu menggunakan Visual Basic. Virus ini dikenal menjadi 2 jenis, yaitu Pray.A, dan Pray.B . Virus yang berjenis Pray.A tidak memiliki icon atau tidak bebentuk, sedangkan yang berjenis Pray.B itu memiliki bentuk icon mirip Windows Explorer. Virus ini berdampak seperti virus yang sebelumnya, yaitu akan memberikan pesan pada user jika komputer menyala pada jam 5:16, 13:00, 16:00, 18:30, atau 19:45. 

9. Rieysha

Ingat, buka Raisya yah, hehe... Virus ini masih dibuat menggunakan Visual Basic, ukuran virus ini adalah 104KB, dan berwujud dengan icon seperti Real Media Player. Saat gadget kalian sudahh terinfeksi dia akan membuat men-duplikat file Mp3, exe, doc, dan 3gp, dengan nama dirinya sendiri.

10. FAT

File Allocation Table, itu kepanjangan dari virus FAT ini. Virus FAT ini jika sudah masuk kedalam komputer di akan berdampak pada file file yang ada di dalam harddisk kita. Virus ini akan menyerang file file penting sehingga file tersebut tidak bisa diakses sama sekali.

Nah, itulah beberapa Jenis Virus Komputer Yang Sering Menyerang dengan versi saya, tapi dari beberapa diatas masih ada ratusan bahkan ribuan virus yang lain di luar sana, jadi tetap amankan gadget kalian, install antivirus agar bisa mendeteksi virus di gadget kali, sekian terimakasih

1 komentar:

avatar

Mantap sob,, lanjutkan kreasimu,, sangt bermanfaat.. jangan lupa kunbal gan

Click to comment