Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Jenis Jenis RAM





Penjelasan


   Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Jenis Jenis RAM - RAM adalah bagian terpenting dari sebuah Komputer , Laptop atau device lainnya, tanpa ada adanya RAM sebuah device tidak akan bisa berjalan atau menyala. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan data sementara pada saat komputer atau suatu device sedang berjalan. Fungsi RAM juga sebagai mempercepat proses data pada Komputer atau device lainnya , semakin besar kapasitas RAM, semakin optimal juga kinerja pada komputer atau suatu device lainnya, karna seperti yang tadi saya bilang, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara, maka semakin besar kapasitas pada RAM, semakin optimal kinerja pada suatu Device. Jadi, jika kita sedang menjalankan suatu device, contoh lah sedang menyalakan komputer, dan sedang menjalankan aplikasi, lalu tiba tiba listrik mati, jika data anda dalam aplikasi tersebut belum disimpan atau belum disave, maka data data yang anda kerjakan tersebut HILANG. Nahh itulah yang dimaksud penyimpanan sementara.



  RAM itu memiliki 4 Struktur,yaitu Input Storage, Program Storage, Working Storage, Output Storage.

  RAM memiliki Pin berwarna kuning untuk menghubungkan RAM dengan Komputer atau Laptop. Bentuk , ukuran , dan banyaknya suatu pin berbeda berdasarkan jenis dari RAM tersebut.

Jenis Jenis RAM





1. Dynamic RAM ( Dynamic Random Access Memory), adalah jenis dari suatu RAM yang harus berkala segarkan oleh CPU (Central Proccessing Unit), agar data data yang terkandung tidak hilang.

2. SDRAM singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory, adalah jenis RAM kelanjutan dari DRAM, tetapi SDRAM ini memiliki kelebihan, yaitu telah disinkronisasikan oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan lebih baik dan mempunyai kinerja lebih baik dari DRAM.

3. DDR RAM , adalah kependekan dari Double Rate Random Access Memory, RAM jenis ini sering disebut juga DDR, jenis ini adalah terusan dari jenis RAM jenis SDRAM, tentu RAM jenis ini memiliki kualitas lebih baik, dan memiliki kinerja yang optimal dari jenis jenis RAM sebelumnya . jenis RAM dari DDR ini juga memiliki kelanjutan , yaitu DDR RAM generasi 2, atau biasanya disebut DDR2, dan generasi ke-3 , biasa disebut DDR3, mungkin kemudian hari akan di update lagi dan lebih banyak generasi generasi selanjutnya.

4. Rambus Dynamic Random Access Memory, adalah kepanjangan dari RDRAM, jenis RAM ini meiliki kinerja lebih cepat, dan relatif mahal. RAM ini bisa dipakai pada sebuah sistem yang memiliki processor Pentium 4.

5. SRAM, dikenal juga sebagai Static Random Access Memory, pada jenis RAM yang satu ini, tidak perlu penyegaran dari CPU, agar data yang tersimpan pada RAM tetap terjaga  dengan baik. RAM jenis ini, memiliki kecepatan dan kinerja lebih optimal dari DRAM dan SDRAM.

6. EDORAM, berasal dari kalimat Extended Data Out Random Access Memory, pada jenis RAM ini , dipergunakan oleh sistem yang menggunakan prosesor pentium. Jenis memory ini dapat mengambil serta menyimpan isi memory secara bersamaan, hingga kecepatan baca pun lebih agak cepat.


Bagian Bagian RAM


1. Input Storage, berfungsi sebagai menampung data input, yang dimasukan lewat alat input. Seperti Keyboard, Mouse, dan lain lain.

2. Program Storage, berguna sebagai menyimpan semua instruksi instruksi dari program yang akan di proses.

3. Working Storage, dipakai untuk menyimpan data - data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.

4.Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data, yang akan ditampilkan di alat output, seperti Monitor, Speaker, dan lain lain.

Click to comment