Pengertian dan Fungsi Kabel UTP dan STP






Penjelasan

   Pengertian dan Fungsi Kabel UTP dan STP - Kabel UTP dan STP adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan LAN. UTP adalah singkatan dari Unshielded Twisted Pair, sedangkan STP kepanjangannya adalah Shielded Twisted Pair. Kedua kabel tersebut terdapat 8 Kabel lagi didalamnya yang berwarna Putih Biru, Biru, Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Hijau, Putih Coklat dan Coklat. Perbedaan dari kedua kabel tersebut sudah jelas dari namanya, UTP memiliki kepanjangan "Unshield" Twisted Pair, sedang kan STP "Shield" Twisted Pair, jadi kabel UTP itu tidak memiliki pelindung, sedangkan kabel STP itu memiliki sebuah pelindung, buat apa pelindung tersebut?. Biasanya kan kalau kita memasang sebuah kabel ditempat tempat sudut suatu ruangan yang tertutup, nahh biasa nya ditempat itu ada tikus, sebagai salah satu contoh, tikus itu hanya bisa menggigit lapisan luar saja, tidak bisa sampai masuk ke 8 Kabel didalamnya, karena memiliki sebuah pelindung.

  Dalam penggunaan sebuah kabel UTP dan STP, ada 2 (dua) tataan dari 8 Kabel didalamnya untuk membuat suatu jaringan LAN. yaitu adalah Straight Through dan Cross Over. Tataan kabel antara dua jenis itu tentu berbeda. Berikut adalah tataan masing masing tataannya :

Keterangan :


  • PO  : Putih Orange
  • PH  : Putih Hijau
  • PC  : Putih Coklat
  • PB  : Putih Biru
  • O    : Orange
  • B    : Biru
  • C    : Coklat
  • H    : Hijau

  • Straight-Through
    • Begin : PO - O - PH - B - PB - H - PC - C
    • End    : PO - O - PH - B - PB - H - PC - C
  • Cross-Over
    • Begin : PH - H - PO - B - PB - O - PC - C
    • End    : PO - O - PH - B - PB - O - PC - C
  Diatas adalah urutan warna pada kabel sesuai pemasangannya. Lalu apa bedanya urutan Straight-Through dengan Cross-Over ?
  Kabel Straight-Through digunakan jika kita menghubungan antara device yang berbeda, contoh nya Komputer - Switch , Switch - Router, Komputer - Hub, Switch - Laptop, dan lainlain. maksudnya kabel Straight-Through ini digunakan untuk menghubungkan antara device yang berbeda.
 Nah, jika untuk kabel Cross-Over, ini digunakan untuk menghubung kan antara device yang sama, sebagai contoh adalah Antar Komputer, Antar Switch, Komputer dengan Laptop, Switch dengan Hub, yaa pokoknya yang memiliki fungsi yang berbeda antar device.



Fungsi

  Antara kedua kabel ini yaitu UTP dan STP sebenarnya, memiliki fungsi yang sama. Dari kedua kabel tersebut, hanya memiliki perbedaan pada fisiknya. Fungsi dari kedua kabel tersebut adalah membuat sebuah jaringan local, atau biasa disebut LAN (Local Area Network), bisa juga untuk mentransfer data antara komputer, untuk membuat sebuah jaringan kabel UTP atau STP di bagian depan dan akhir nya menggunakan RJ-45 sebagai konektor. Atau ada juga yang menggunakan RJ-11 sebagai konektor.
  Jika anda bertanya apakah kabel UTP dan STP ini bisa untuk membuat sebuah jaringan MAN (Metropolitan Area Network)? saya jawab "YA". Memang kabel UTP dan STP bisa membuat sebuah jaringan MAN tetapi ini kurang efesien dan efektif, kenapa ? karena jangkauan sebuah jaringan MAN itu adalah kota, jadi tidak mungkin untuk menyambungkan kabel kabel di kota. Bayangkan berapa panjang kabel yang dibutuhkan ? dan berapa banyak switch yang dibutuhkan? tentu saja banyak. Jadi, lebih baik dalam membuat jaringan MAN itu adalah menggunakan Wireless.


Itu saja penjelasan tentang UTP dan STP kabel, jika ada sesuatu yang kurang, salah atau ada yang mau ditanyakan, silahkan di kolom komentar.

Comment, Subscribe, dan Share anda sangat mendukung.

Terima kasih telah membaca artikel saya!

2 komentar

avatar

Wah, artilkelnya mantab dan unik, Semoga tambah jaya mas..

Click to comment