Apa itu OverClock ?


Hallo Guys, pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang overclocking.
Apa sih Overclocking itu? Mungkin hanya sebagian orang yang tahu, Overclocking ini banyak digunakan oleh para gamer untuk mendapatkan performa dari PC
yang dia pakai agar lancar dalam bermain game yang berat seperti GTA5, Fallout 4,dan yang lain lain.

Tapi kali ini saya tidak membahas tentang game, tetapi membahas tentang Overclocking, oke, overclocking sebenarnya tidak hanya untuk game. Biar saya jelas kan dahulu, Overclocking itu ialah menambah daya/kecepatan dari suatu hardware, misal pada processor memiliki kecepatan 2.4GHZ nah dengan di overclocking kecepatan bisa ditambah dengan seberapa besar yang kita mau, tetapi setiap hardware memiliki batas maksimal kecepatannya sendiri. Nah hardware apa yang bisa di overclocking? Biasanya yang bisa di over clocking itu ialah Processor Dan VGA Card.

Saat overclocking, kita tidak boleh sembarang, karna kemungkinan besar ini bisa merusak PC anda, Overclocking dianjurkan hanya untuk PC, kalau untuk laptop, saya sarankan jangan, karna saya pernah mencoba untuk melakukan overclocking terhadap Laptop saya, nah pada akhirnya saat direstart, laptop ngestack di bootstartup tau penyebabnya apa ? Penyebabna adalah hardware yang terlalu panas, karna pada saat overclocking, kita menambahkan daya yang dikeluarkan oleh Processor dan VGA Card menjadi maksimal, dan secara otomatis kedua Hardware tersebut mengalami kenaikan suhu, nah karna memakai laptop, di dalam laptop hanya ada bebeapa Fan Cooling , nah itulah kenapa saya anjurkan hanya untuk PC, karna kalau kita overcloking pada PC, kita bisa menambahkan Fan Cooling sesuai yang kita mau, jadi pada saat kita melakukan overclocking, suhu menjadi stabil , karna adanya Fan Cooling tambahan.

Nah bagaimana kita melakukan overclocking tersebut ?
1. Masuk ke BIOS (Del / F12 pada saat booting)
2. Saat di dalam BIOS Setting, masuk ke "Cell Menu"
3. Nah nanti akan ada petunjuk untuk overclock itu sendiri
4. Multiplier hanya untuk menaikan daya dari Processor, Bus Speed itu menyebabkan ke semua komponen, hal ini lah yang membuat tidak stabil
5. Naikan Multiplier sedikit demi sedikit untuk mencari kestabilan
6. Setelah itu Save and Quit dari BIOS
7. Lalu Komputer akan Reboot dengan sendiri nya
8. Jika komputer tidak mau Reboot , berarti configurasi nya tidak stabil
9. Setting ulang BIOS dari pabrik
10. Saya sarankan naikan 2 dahulu , contoh x16.00 jadi x18.00
11. Setelah Komputer mau reboot
12. Setting Bus Speed, tetapi menaikannya jangan langsung naik derastis , naikan sedikit demi sedikit

Itu dia cara overclocking melalui BIOS , nah bagaimana kalau kita Overclocking melalui SoftWare ? Berikut penjelasannya :

1. Install MSI After Burn ( Bisa Anda Cari di www.msi.com  )
2. Nah disitu kalian bisa Setting Processor / VGA Card juga

#Catatan : Pada saaat menaikan daya, jangan langsung tinggi derastis, tetapi perlahan2


Click to comment